Perjalanan Panjang PCPM 32 BI (Intro)

Bagi warga negara Indonesia, siapa yang tidak tahu bank yang satu ini. Yap, adalah Bank Indonesia yang biasa disingkat dengan BI, selain itu juga dikenal sebagai bank nya para bank-bank di Indonesia. Sebagai satu-satunya bank sentral di Indonesia, BI memiliki peranan penting dalam sektor perekonomian negara, terutama dengan kebijakan moneternya.

Sebagai informasi, jujur saya adalah orang IT yang sebelumnya tidak terlalu mengenal ilmu ekonomi. Jadi, nothing to lose saja ya ikutan rekrutmen PCPM ini. Mohon maaf kalau misalkan ada yang kurang tepat dalam penyampaiannya.

Okay, back to topic. Katanya sih masuk ke BI itu salah satu hal bergengsi bagi beberapa jobseeker, terutama yang di bidang ekonomi. Bagi penulis sendiri, ini merupakan tantangan tersendiri untuk mencoba dan membuktikannya secara langsung. Benar saja, kebetulan di tahun 2016 kemarin, BI membuka lowongan penerimaan pegawai muda setingkat asisten manajer yang lebih sering dikenal dengan PCPM (Pendidikan Calon Pegawai Muda). Dari beberapa jalur masuk ke BI, PCPM ini salah satu jalur yang sangat bersaing, karena dari sekian banyak pendaftar, sayangnya yang diterima cuma sedikit. 😦

FYI, di PCPM 32 yang akan saya bahas nantinya, total pendaftar mulai dari seleksi administrasi adalah kurang lebih 87.000, sedangkan yang diterima hanya 125 orang. Ini berarti peluang untuk lolos adalah 125 : 87.000 atau setara dengan seorang peserta harus menyisihkan 695 peserta lainnya atau setara juga dengan peluang 0.143%. (Sedikit tips: banyak-banyaklah berdoa dan berbakti kepada orang tuamu)

Meski begitu, bagi Anda yang ingin mencoba jalur lain, tidak ada salahnya mencoba jalur MLE (Multi Level Entry) untuk experienced hire (bagi Anda yang sudah bekerja dan memiliki banyak pengalaman), penerimaan pegawai setingkat staf maupun kasir. Khusus untuk kasir, dari informasi yang saya terima, dulunya lulusan SMA bisa mendaftar di jalur ini. Namun untuk kebijakan baru, semua jalur penerimaan pegawai di BI mewajibkan memiliki ijazah minimal S1 (atau mungkin D3 khusus untuk kasir, maaf saya sedikit lupa). Selain penerimaan pegawai tetap ini, Anda juga bisa mencoba penerimaan pegawai tenaga kerja kontrak atau lebih dikenal dengan PKWT. Informasi selengkap mengenai update pembukaan lowongan penerimaan tersebut bisa Anda ikuti di http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/bi-dan-publik/karir/Default.aspx.

Nah, seperti apa sih tingkatan pegawai di BI itu. Mari kita perhatikan gambar struktur berikut ini.

bi91

Untuk detail dari masing-masing tingkatan mohon maaf saya tidak memiliki referensi lengkap saat ini. Jika di kemudian hari saya sudah mendapatkannya, Insyaallah akan saya update di post ini.

Setelah dirasa cukup membahas tentang jalur masuk ke BI, saya akan membahas lebih spesifik ke jalur PCPM karena kebetulan saya hanya pernah mengikuti yang ini. PCPM adalah kepanjangan dari Pendidikan Calon Pegawai Muda, dimana para peserta yang lolos nantinya akan mendapatkan pendidikan selama kurang lebih hampir 1 tahun, dan setelah dinyatakan lulus pendidikan akan langsung diterima menjadi pegawai BI setingkat asisten manajer. Jadi, bisa dibayangkan kenapa ini jalur yang bergengsi bagi orang BI sendiri karena begitu Anda yang mungkin masih baru saja lulus kuliah, begitu diangkat menjadi pegawai tetap sudah berada di level segmen pimpinan.

Setiap gelombangnya, PCPM diadakan oleh BI bekerja sama dengan vendor-vendor profesional di bidangnya untuk rekrutmen pegawai baru. Kenapa disebut setiap gelombangnya atau angkatannya? Karena tidak setiap tahun PCPM ini dibuka, tergantung dengan kebutuhan BI saat itu, rentang waktunya bisa 1 tahun itu pun jarang-jarang, normalnya 2-3 tahun sekali. Dari info yang saya dapat, PCPM 30 diadakan oleh BI bersama PPM Manajemen (sama seperti PCPM 32 yang saya ikuti) sedangkan PCPM 31 diadakan oleh BI bersama Experd. Sehingga kadang kala format ataupun jenis-jenis tes nya sedikit berbeda namun sebagian besar sama.

PCPM 32 kali ini terbagi menjadi 5 job family atau disingkat jobfam. Apa saja itu? Mari kita simak gambar berikut ini.

bi92

Khusus untuk jobfam Enabler, masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

  1. Communication (PR)
  2. General Audit and Risk
  3. Strategic Management
  4. Legal
  5. Finance
  6. IT Specialist
  7. HR Specialist

Nah, saya sendiri karena memiliki background IT maka saya lebih memilih Enabler IT Specialist. Gambar berikut adalah informasi yang diberikan dari pihak PPM sebagai syarat pemilihan jobfam terkait dengan jurusan Anda ketika kuliah.

jobfam-map

Sebagai informasi, jika Anda adalah lulusan S2 yang memiliki jurusan berbeda saat S1, Anda diminta untuk memilih berdasarkan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Misalnya Anda lulusan S1 Ilmu Hukum dan S2 Manajemen, kemudian Anda menggunakan ijazah S2 Anda untuk mendaftar, maka hak Anda memilih jobfam adalah berdasarkan jurusan Manajemen. Namun, jika Anda memutuskan untuk menggunakan ijazah S1 Anda saja, maka jobfam yang dapat dipilih hanya berdasarkan jurusan Ilmu Hukum.

Secara lengkap, syarat-syarat yang saya tuliskan di bawah hanya saya ambil dari website ppm untuk rekrutmen PCPM BI (http://ppm-rekrutmen.com/bankindonesia/beranda), yakni sebagai berikut:

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Telah menyelesaikan masa studi jenjang pendidikan S1/S2 dengan melampirkan Ijazah.
  3. IPK minimal 3,00 (skala 4,00).
  4. Usia maksimal per 8 September 2016 :
    • 26 tahun untuk jenjang pendidikan S1; atau
    • 28 tahun untuk jenjang pendidikan S2.
  5. Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan/atau sosial kemasyarakatan merupakan nilai tambah.
  6. Berkelakuan baik dan sehat jasmani serta rohani.
  7. Tidak sedang menjalani ikatan dinas atau bersedia melepaskan ikatan dinas dengan institusi lain.
  8. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris aktif / sangat baik (setara dengan nilai TOEFL minimal 500).
  9. Diutamakan memiliki kemampuan sangat baik dalam penulisan, komunikasi verbal dan penggunaan komputer (Windows dan Microsoft Office).

Persyaratan Khusus

  1. Kebutuhan bidang studi (merujuk ke tabel hubungan jurusan dan jobfam yang saya cantumkan di atas)
  2. Khusus untuk pelamar lulusan perguruan tinggi luar negeri diwajibkan untuk:
    a.  Memiliki ijazah kelulusan;
    b.  Memberikan hasil penyetaraan ijazah dari DIKTI untuk meyakini kesetaraan jenjang pendidikan yang diraih dengan jenjang pendidikan di Indonesia;
    c.  Memberikan hasil penyetaraan nilai yang diraih dari lembaga resmi yang memiliki wewenang untuk melakukan penyetaraan tersebut;Dalam hal belum terdapat lembaga resmi yang dimaksud dalam butir 2c terhadap kandidat lulusan perguruan tinggi luar negeri tidak harus menyampaikan hasil penyetaraan nilai IPK.
  3. Khusus untuk pelamar lulusan program kembaran (joint degree dan double degree):
    a.  Apabila memiliki lebih dari 1 (satu) ijazah, dapat menggunakan salah satu ijazah yang bidang studi/jurusannya sesuai dengan kebutuhan Bank Indonesia.
    b.  Nilai minimal IPK, mengacu pada ijazah yang dipilih sebagaimana butir 3a. Apabila ijazah yang dipilih adalah ijazah dari perguruan tinggi luar negeri, maka mengikuti ketentuan sebagaimana butir 2 di atas.
    c.  Apabila mendapatkan 1 (satu) ijazah dan yang mengeluarkan adalah perguruan tinggi luar negeri, maka mengikuti ketentuan sebagaimana butir 2 di atas.
  4. Pelamar yang dinyatakan diterima/lulus seleksi akhir sebagai calon pegawai, tidak memiliki orang tua/saudara (kandung/tiri/angkat) atau suami/istri yang bekerja di Bank Indonesia
  5. Bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan dinas.
  6. Bersedia mematuhi setiap peraturan/tata tertib yang berlaku di Bank Indonesia.
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh satuan kerja Bank Indonesia dengan loyalitas, kemampuan dan ketahanan tinggi untuk bekerja bagi bangsa dan negara.
  8. Bersedia menyerahkan dokumen asli ijazah S1/S2 apabila diterima sebagai calon pegawai di Bank Indonesia.
  9. Memiliki Kartu Tanda Penduduk Nasional (KTP) yang masih berlaku.
  10. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai karyawan pada perusahaan/instansi manapun.
  11. Tidak pernah dan/atau tidak sedang dalam proses pengadilan atau terlibat dalam proses hukum.

Kurang lebih seperti itulah syarat-syarat yang harus Anda penuhi jika berminat untuk bergabung bersama kami melalui jalur PCPM. Berminat dengan tantangan ini? Kami tunggu Anda di PCPM-PCPM berikutnya. 🙂

Post selanjutnya akan mulai lebih spesifik ke pengalaman saya selama mengikuti tes dan mungkin akan ada beberapa tips-tips yang akan saya berikan. Semoga bermanfaat.

One thought on “Perjalanan Panjang PCPM 32 BI (Intro)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s