Perjalanan Panjang PCPM 32 BI (Part 1)

Akhirnya setelah intro yang cukup panjang di post sebelumnya (dapat Anda cek di sini). Kali ini saya akan bercerita pengalaman ketika seleksi awal. Namun akan saya jelaskan terlebih dahulu ada tahap-tahap apa saja yang ada di seleksi PCPM ini. Tahap-tahap tersebut antara lain:

  1. Registrasi Online dan Seleksi Administrasi
  2. Tahap 1: Seleksi Potensi Dasar
  3. Tahap 2:
    • Tes Kebanksentralan
    • Tes Pengetahuan Sektoral/Ekonomi Terkini
    • Tes Bahasa Inggris
  4. Tahap 3:
    • Tes Psikologi Tertulis
    • Wawancara Psikologi
    • Leaderless Group Discussion
  5. Tahap 4: Seleksi Kesehatan dan Psikiatri
  6. Tahap 5: Seleksi Wawancara Akhir

Jadi untuk cerita part 1 kali ini, hanya saya ceritakan pengalaman dari registrasi online dan seleksi administrasi. 

Semua bermula ketika saya yang hanya punya kerjaan freelance programmer ini melihat postingan salah satu teman kuliah di grup jarkom angkatan. Saya cek ternyata pengumuman penerimaan seleksi PCPM Bank Indonesia. Beginilah penampakan poster yang dibagikan tersebut.

Recruitment_Ad_BI_05

Belum sampai mengecek apa itu PCPM, yang membuat saya segera terhenyak dari kasur adalah title Bank Indonesia nya dan background jurusan saya sedang dibutuhkan disana (Teknologi Informasi). Segera saja saya menemui orang tua saya dan menanyakan persetujuannya, setelah diiyakan, segera saja saya cek kembali persyaratan yang diperlukan. Alhamdulillah, bahan-bahan yang saya gunakan untuk mengisi formulir sudah tersedia semua karena memang sebelum-sebelumnya sudah saya siapkan hal-hal penting jika dibutuhkan seperti CV (Curriculum Vitae), pas foto terbaru dengan kemeja putih dan background warna biru (untuk laki-laki), scan KTP, scan ijazah, dan scan transkrip nilai.

Saat poster itu dibagikan, rekrutmen belum lah dibuka. Sehingga saya menunggu hingga hari pertama pembukaan rekrutmen pun tiba. 8 September 2016, saya pun mengisi biodata, mulai dari yang paling basic seperti data diri hingga pengalaman organisasi, pencapaian prestasi, dan lain-lain. Setelah saya cek ulang formulirnya, saya kirimkan juga hari itu. Alhamdulillah, nomor registrasi yang menurut saya masih awal-awal pun mendapatkan urutan 004159. Wow, saya terkejut begitu banyaknya orang berbondong-bondong untuk mendaftar hingga saya yang baru daftar siang hari sudah mendapatkan nomor registrasi segitu. FYI, dari info yang saya dapatkan, pendaftarnya mencapai 87 ribu orang. Jadi, persiapkan mental dan “modal perang” Anda sebaik-baiknya.

Jika ditanya apa tips untuk seleksi administrasi ini, tidak lain dan tidak bukan adalah jangan sia-siakan masa kuliahmu. Sebelum terlambat, bagi Anda yang saat ini masih mahasiswa, terutama yang masih menjadi mahasiswa baru. Saya tekankan sekali lagi gunakan masa-masa mahasiswamu sebaik mungkin, upgrade yourself, no pain no gain. Hardskill dan softskill harus seimbang. Akademis yes, aktivitas organisasi yes. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat pula, karena saya merasa kurang bisa menjaga pola sehat terutama untuk makan dan olahraga. Kenapa penting? Ya, karena saat Anda akan diterima menjadi pegawai BI, BI akan menanggung asuransi kesehatan Anda, sehingga tes kesehatan pun menjadi salah satu penentu apakah Anda layak menjadi pegawai BI nantinya.

Sesuai yang dijadwalkan PCPM, registrasi online dan seleksi administrasi dilaksanakan tanggal 8 – 14 September 2016. Tiba lah hari yang ditunggu-tunggu. 21 September 2016, dengan sedikit berdebar-debar saya membuka pengumuman di web ppm-rekrutmen. Alhamdulillah, puji syukur bagi Allah, saya diberikan kesempatan untuk melanjutkan perjuangan saya di tes tahap 1 : Seleksi Potensi Dasar.

photo1070731597842589637

Dan perjuangan baru saja dimulai. Let the war begin. Bismillah. 🙂

Tunggu post selanjutnya untuk cerita pengalaman tahap 1 Seleksi Potensi Dasar. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Perjalanan Panjang PCPM 32 BI (Part 1)

  1. Ciee… Ade ngelamar jadi Direktur Utama BI… Jangan lupa foto-foto selfie di Brankas Bank Indonesia ya de.. moga keterima… amin.. jangan lupa nanya No Rekeningku kalau keterima.. 😀

    • alhamdulillah bapak, sudah ketrima, hehe, insyaallah februari mulai pendidikan. wkwkwk, foto brankas 😅😅😅 mohon bimbingannya suhu, msh belajar nulis lgi 🙇🙇

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s