Perjalanan Panjang PCPM 32 BI (Part 3)

Akhirnya saya bisa sempatkan untuk menulis lagi, setelah selama hampir seminggu ribet dengan persiapan dokumen untuk persiapan daftar ulang. Nah, setelah di post sebelumnya membahas tentang persiapan tahap 1: seleksi potensi dasar, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya terkait tes tahap 2: pengetahuan kebanksentralan, ekonomi terkini, dan bahasa Inggris. Untuk tes kebanksentralan dan ekonomi terkini dijadikan satu, sedangkan bahasa Inggris terpisah sendiri, sehingga dalam sehari terdapat 2 sub tes. Disini akan saya bahas satu persatu.

Sabtu, 8 Oktober 2016, tes kebanksentralan dan ekonomi terkini diadakan di lokasi yang masih sama seperti di tes tahap 1. Pertama, untuk tes kebanksentralan dan pengetahuan ekonomi terkini. Materi tes kebanksentralan, dapat Anda unduh di website resmi Bank Indonesia atau langsung dengan klik link ini untuk mengunduh berkas dalam format PDF. Sebenarnya materi tersebut disusun untuk siswa SMA mata pelajaran ekonomi dan kebanksentralan itu sendiri merupakan sub dari pelajaran ekonomi tersebut. Jika ditanya, “bab mana yang keluar?”. Saya akan jawab, “seluruhnya”. Merupakan kesalahan saya juga karena tidak dengan betul-betul menghafal seluruh materi di dalamnya, karena saya berpikir jika tentang kebanksentralan, mungkin akan lebih membahas tentang Bank Indonesia itu sendiri, tujuan, peran dan fungsi, kebijakan-kebijakannya terutama dalam pengendalian inflasi. Namun, pada saat hari tes, saya banyak kecolongan. Pertanyaan-pertanyaan ekonomi dasar semisal apa saja motif memegang uang, itu saja saya salah menjawab, padahal setelah dicek ada semua di bukunya. 😦
Jadi pesan saya untuk materi kebanksentralan ini, baca dan hafalkan baik-baik. Jika tidak mampu menghafal seluruhnya seperti kasus saya, hafalkan saja hal-hal yang Anda anggap penting.

Kemudian untuk pengetahuan ekonomi terkini, pada hari-hari sebelumnya saya berpikir jika yang akan diujikan nantinya akan bersumber dari berita-berita di koran. Hingga pada saat itu selama hampir 2 minggu saya rajin membeli koran dan membaca segmen ekonomi nya.
Ternyata di luar dugaan, materi pengetahuan ekonomi terkini justru banyak bermunculan dari info terbaru dan siaran pers yang diunggah di website resmi Bank Indonesia. Berikut adalah link untuk info terbaru dan siaran pers. Saya sangat-sangat bersyukur Alhamdulillah pada pagi harinya saya ada feeling untuk membuka halaman-halaman itu sambil menunggu instruksi masuk ruangan ujian. Contoh soal yang keluar di materi ini antara lain seperti “Bank Indonesia berencana mengadakan emisi uang rupiah baru pada tahun 2017, siapakah nama pahlawan yang ada di mata uang 10.000 terbaru tersebut?”, “Sejak bulan Agustus 2016, Bank Indonesia memberlakukan kebijakan suku bunga baru, apakah nama kebijakan tersebut?”, dan lain sebagainya.

screenshot_12-10
Hayoo, siapakah nama beliau? ini adalah salah satu contoh soal tes

Untuk penilaian sub tes ini sendiri saya kurang tahu bagaimana penilaian dari tim panitia seleksi, apakah hasil tes untuk anak ekonomi (yang mungkin lebih mempunyai pengetahuan dasar di sub tes ini) dianggap sama ataukah tidak bobotnya dengan anak lulusan IT seperti saya, apalagi saya melamar job family IT specialist. Tapi yang jelas, apapun itu jika Anda memang berniat untuk diterima di Bank Indonesia, please do your best.

Sub tes kedua adalah bahasa Inggris. Jika merujuk di tes-tes PCPM sebelumnya memang ada bobot dari test score TOEFL jika skor Anda lebih dari 500. Namun di PCPM 32 ini, baik memiliki sertifikat TOEFL maupun tidak, semua peserta wajib mengikuti tes bahasa Inggris ini. Sebagai jaga-jaga jika kebijakan sertifikat TOEFL itu diberlakukan lagi di kemudian hari, ada baiknya Anda sudah memilikinya dengan skor lebih dari 500. Tes bahasa Inggris yang diujikan pun tidak jauh berbeda dengan tes paper-based TOEFL yang tentunya tanpa speaking dan listening. Sub tes nya antara lain, structure and written expression dan reading comprehension. Untuk reading comprehension saya akui agak sedikit sulit jika dibandingkan TOEFL ITP, apalagi dengan waktu yang relatif lebih singkat daripada tes TOEFL, bacaan yang diberikan pun lebih implisit. Misal jika dalam suatu bacaan bertopik natural science disebutkan hewan-hewan seperti tikus, marmut, tupai, kelinci. Maka di dalam pilihan jawaban Anda tidak akan menemukan pilihan itu, justru yang tersedia seperti herbivore, rodent, carnivore, etc. Bagi yang mengetahui apa jenis hewan-hewan tersebut, maka Anda akan menyimpulkan bahwa jawabannya adalah hewan pengerat yang tak lain adalah hewan rodensia (rodent). Topik yang diberikan pun bermacam-macam, mulai dari topik sosial hingga descriptive text seperti menceritakan keadaan kamar penulis bacaan.

Setelah mengerjakan tes tahap 2 ini, sambil berjalan pulang ke kos harian, saya benar-benar khawatir dengan hasil yang saya peroleh di tes kebanksentralan dan ekonomi terkini. Karena setiap jawaban yang saya silang, saya merasa banyak salahnya. 😦
Sampai-sampai rasanya itu, untuk tidur di kereta agak susah karena kepikiran terus di perjalanan pulang ke Malang. Namun satu hal yang saya yakin, ketika kita sudah berusaha sekuat tenaga, pasrahkan saja hasilnya apapun itu ke Allah. Insyaallah jika memang rejeki, ada aja kok jalannya dari Allah untuk meloloskan kita. :’)

Sesuai jadwal yang dijanjikan oleh PPM, tanggal 12 Oktober 2016, pengumuman yang ditunggu-tunggu pun tiba. Alhamdulillah, kekhawatiran saya pun selama ini pudar, karena mendapatkan kabar bahagia ini.

photo1070731597842589643

Yey, perjuangan pun belum selesai karena tahap 3 menanti di depan.

PS: Saat saya mengecek kembali tulisan ini, PCPM 33 telah dibuka per tanggal 1 September 2018. Mohon maaf jika belum sempat menulis lagi untuk kelanjutan ceritanya. Insyaallah jika ada waktu akan saya coba untuk meneruskan post-nya. Terima kasih.

Sebagai rujukan lainnya, bisa teman-teman baca di blog pengalaman peserta PCPM 32 lainnya berikut ini:

  1. https://deasyjaslim.wordpress.com/2017/01/15/pcpm-32-bank-indonesia/
  2. http://mybreezelife.blogspot.com/2017/02/perjalanan-pcpm-bi-2016-pcpm-32.html
  3. http://kawankertasputih.blogspot.com/2016/11/pcpm-bank-indonesia-angkatan-32-tahun.html
  4. https://viditav.wordpress.com/2017/01/07/pengalaman-seleksi-pcpm-bi-32/
  5. https://feraniinggrid.wordpress.com/2017/01/16/perjalanan-menuju-pcpm-32-bi/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s